7 Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian Nasional

Persiapkan Ujian Nasional, Persiapkan Masa Depanmu. Seberapa Penting Mempersiapkan UN Menurutmu? Bagi sebagian orang, mempersiapkan UN adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Karena UN sendiri merupakan ajang evaluasi selama kamu menempuh pendidikan di sekolah. Biasanya, beberapa bulan sebelum Ujian Nasional diadakan, para pelajar memiliki strategi dan cara masing-masing agar sukses dalam menjalankan ujian tersebut. Kegiatan maupun event sekolah pun biasanya sudah terfokuskan demi menghadapi UN itu.
7 Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian Nasional

Persiapkan Ujian Nasional, Persiapkan Masa Depanmu.


Seberapa Penting Mempersiapkan UN Menurutmu?

Bagi sebagian orang, mempersiapkan UN adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Karena UN sendiri merupakan ajang evaluasi selama kamu menempuh pendidikan di sekolah.

Biasanya, beberapa bulan sebelum Ujian Nasional diadakan, para pelajar memiliki strategi dan cara masing-masing agar sukses dalam menjalankan ujian tersebut. Kegiatan maupun event sekolah pun biasanya sudah terfokuskan demi menghadapi UN itu.

Kamu Tipe yang mana?

Ketika musim ujian tiba, banyak pelajar yang menunjukan perubahannya, mereka mengalami perubahan sesuai pribadi masing-masing. Umumnya, sebelum menghadapi Ujian Nasional, tentu para pelajar akan menjadi serajin mungkin atau memiliki persiapan khusus lainnya.

Baca lebih lanjut di 7 Tipe Pelajar Ketika Menghadapi Ujian Nasional, Kamu yang mana?

Setiap pelajar tentunya ingin sukses menghadapi Ujian Nasional, baik itu tingkatan SD, SMP, maupun SMA. Meskipun saat ini UN bukan lagi syarat yang menentukan kelulusan, akan tetapi tetap saja UN telah membuat para pelajar dag dig dug ser...

Seperti yang kita tahu bahwa UN akan dilaksanakan dengan 2 sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Jadi, Sudah Siapkah Kamu Menghadapi Ujian Nasional?

Kamu harus tau, bahwa pada pelaksaan UN sebelumnya, banyak yang mengeluh karena mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal UN, terutama mapel Matematika. Mereka mengatakan bahwa soal UN yang mereka hadapi tidak sesuai dengan materi yang dipelajari.

Selain itu, Ujian Nasional saat ini menggunakan jenis soal yang membutuhkan daya nalar tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). Soal jenis HOTS ini akan kamu hadapi dengan jumlah sekitar 15 sampai 20 persen dari keseluruhan soalnya. Siap-siap ya.
Maka dari itu...

Dalam panduan ini akan memberikan 7 persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum menghadapi Ujian Nasional. Semoga kamu bisa menerapkan tips ini agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kamu juga bisa membaca panduan tentang 8 Tips Sukses Mengerjakan Soal UN Dengan Mudah.

Good Luck for your Exam!

Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian Nasional


7 Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian Nasional 2020

1. Pembelajaran Materi UN yang Lebih Mendalam


Ketika kamu sudah mulai bisa berenang di permukaan, maka saatnya kamu mulai menyelam. Begitu pula dengan mempersiapkan Ujian Nasional, ketika kamu sudah mulai menguasai dasar dasar semua mata pelajaran, kini saatnya kamu fokus mendalami mata pelajaran yang nantinya akan diujikan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa UN menerapkan jenis soal HOTS yang mengharuskan kamu memiliki kemampuan menganalisa, pemikirian kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi.

Dengan semua itu, masihkah kamu bersantai-santai?

Kamu harus benar-benar paham mengenai sebuah konsep materi yang akan diujikan. Kamu tidak bisa hanya dengan menghafal dan mempelajari rumus cepat, melainkan harus dengan memahami makna dari sebuah definisi, darimana datangnya sebuah rumus, bahkan mengaitkan satu bab dengan bab lainnya yang telah dipelajari.

Maka dari itu...

Mulailah kamu mendalami konsep materi setiap mata pelajaran Ujian Nasional. Karena soal HOTS lebih sulit dari UN biasanya, maka kamu bisa melatih diri kamu dengan mencoba mengerjakan soal-soal SBMPTN atau Tes Ujian Mandiri karena menggunakan tipe soal yang membutuhkan penalaran tinggi.

Atau kamu bisa membaca panduan tentang 5 Cara Mudah Belajar Secara Efektif.

2. Belajar Sesuai dengan Kisi-Kisi Ujian Nasional


Siapa yang disini tidak suka kisi-kisi? Ya, memang sejak dulu kisi-kisi telah membantu para pelajar setiap hendak diadakan ulangan, baik itu UTS, UAS, maupun UN.

Dengan kisi-kisi ini, para pelajar akan mempunyai gambaran bagaimana jenis dan bentuk soal dalam ujian nantinya. Makanya banyak pelajar yang menanti-nantikan kehadiran kisi-kisi ini.

Mengapa kisi-kisi penting?

Konsep HOTS dalam ujian sudah cukup membuat pusing dan bingung harus belajar darimana, kan?
Nah, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengeluarkan kisi-kisi Ujian Nasional dengan tujuan agar para siswa bisa fokus belajar dan mendalami materi yang tercantum dalam kisi-kisi tersebut. Nantinya, materi yang ada kisi-kisi itulah yang akan diujikan pada Ujian Nasional.

Dan, pahami setiap Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) dan materi setiap mata pelajaran, ini merupakan strategi bagaimana nantinya kamu paham jenis soal yang akan keluar dalam ujian.

Lebih efektif, kan?

3. Mempelajari Kisi-Kisi UN Tahun Sebelumnya


Tanyakan pada kakak kelas kamu mengenai kisi-kisi dan soal UN tahun sebelumnya, atau kamu bisa mencarinya di internet.

Setelah mendapatkannya, cobalah untuk menganalisa kis-kisi dari tahun ke tahun, pelajari, dan cobalah untuk mengerjakannya secara bertahap.

Kenapa harus mempelajari kisi-kisi tahun lalu?

Karena biasanya soal Ujian Nasional di tahun sebelumnya akan muncul lagi pada Ujian Nasional tahun ini.

Bisa jadi, kan? Kenapa tidak?

4. Mengikuti Simulasi Ujian Nasional


Sebelum menghadapi Ujian Nasional yang sesungguhnya, biasanya setiap sekolah mengadakan simulasi UNBK, dengan tujuan agar para siswa memiliki gambaran mengenai pelaksanaan UNBK nantinya. Selain itu juga sebagai upaya membiasakan siswa agar tidak grogi ketika UNBK.

Biasanya simulasi ini diadakan beberapa kali. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah dan mengukur kemampuan kamu dalam memahami materi UN.

Dan yang paling menarik adalah kamu bisa mengetahui jenis dan bentuk soal UN, baik itu soal biasa maupun tipe soal HOTS. Sehingga kamu memiliki gambaran, juga bisa mempelajari dan mendalami tipe soal HOTS tersebut.



5. Manfaatkan Teknologi


Di era yang serba digital ini, mencari berbagai informasi sangatlah mudah dan cepat. Kamu bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mencari materi yang tidak ada di buku sekolah atau mencari contoh soal ujian yang bisa kamu gunakan untuk melatih otak kamu.

Atau...

Kamu bisa men-download aplikasi simulasi UNBK sendiri baik untuk android maupun PC. Dengan itu, kamu bisa merasakan kondisi saat UNBK nanti.

Daripada untuk hal-hal yang tidak bermanfaat seperti bermain game online, lebih baik manfaatkan teknologi untuk merajut masa depanmu, kan?

6. Mengikuti Bimbingan Belajar


Ini merupakan option untuk kamu. Ada sebagian dari mereka yang mengikuti bimbingan belajar untuk mempersiapkan Ujian Nasional mereka. Dengan alasan bahwa di bimbel mereka mendapat materi tambahan dan cara cepat mengerjakan soal UN.

Sekarang banyak pilihan bimbingan belajar, baik itu offline maupun online. Kamu bisa menjadikan bimbel ini untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman kamu.

Mengikuti bimbingan belajar memang memerlukan tambahan biaya yang cukup mahal. Tapi enaknya, kamu bisa berkonsultasi dengan santai apabila ada beberapa materi yang belum paham.

Jadi, perlukah bimbingan belajar? Itu terserah kamu sendiri.

7. Percaya Diri, Diri pun Percaya


Ingatlah, bahwa penentu keberhasilamnu adalah dirimu sendiri, bukan teman kamu, atau pun abang nasi goreng. Jadi, yakinkan dirimu, kamu pasti bisa.

Jangan sampai rasa percaya diri kamu hilang hanya karena hal sepele. Misalnya, teman kamu memperoleh kunci jawaban. Dalam Ujian Nasional, terdiri dari beberapa paket, maka otomatis soal dan jawaban pun berbeda.

Maka dari itu, jangan mudah percaya dengan apa yang belum tentu kebenarannya. Yakinlah pada dirimu sendiri, jangan mengikuti mereka yang berbuat curang.

Percaya dirilah dan dirimu pun akan percaya.



KESIMPULAN


Waktu main-main kamu sudah usai, mulailah untuk lebih serius dengan apa yang ada di depanmu sekarang.

Mungkin sebagian pelajar merasa sulit untuk terus belajar dan belajar, mereka akan lebih cepat bosan dengan pandangan buku pelajaran terus menerus. Tugasmu adalah ciptakan gaya belajar nyamanmu sendiri.

Awalnya memang sulit, namun jika dijadikan kebiasaan, maka akan terasa lebih mudah, bahkan menyenangkan.

Berusahalah sekeras mungkin, agar kamu tidak menyesali dan bisa mendapatkan hasil yang optimal. Menangislah hari ini, bahagia esok hari.

Demikian panduan tentang 7 persiapan sebelum menghadapi Ujian Nasional yang bisa kamu lakukan.

Semoga bermanfaat, dan..

Salam Netpelajar!
Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain