8 Tips Sukses Mengerjakan Soal UN Dengan Mudah

Ujian Nasional sudah menjadi agenda wajib yang harus diikuti oleh para pelajar, khususnya untuk kelas 6, 9, dan 12. UN tersebut ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kamu selama belajar tiga tahun di sekolah. Dalam panduan ini kamu akan diberikan tips serta strategi dalam mengerjakan soal UN dengan mudah, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk panduan persiapan Ujian Nasioanal bisa kamu baca di 13 Tips Ampuh Persiapan Menghadapi Ujian Nasional.
8 TIPS SUKSES MENGERJAKAN SOAL UN DENGAN MUDAH

Karena belajar saja tidak cukup. Perlu strategi khusus untuk menjawab soal UN.


Ujian Nasional sudah menjadi agenda wajib yang harus diikuti oleh para pelajar, khususnya untuk kelas 6, 9, dan 12. UN tersebut ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kamu selama belajar tiga tahun di sekolah.

Dalam panduan ini kamu akan diberikan tips serta strategi dalam mengerjakan soal UN dengan mudah, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk panduan menghadapi Ujian Nasional bisa kamu baca di 13 Tips Ampuh Dalam Menghadapi Ujian Nasional.

Apakah ini merupakan UN pengalaman pertama kamu?


Jika iya, maka kamu harus berhati-hati. Karena dalam mengerjakan soal UN harus membutuhkan strategi khusus agar kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal. Benarkah? Tentu saja. Jika kamu tidak memperhatikan strategi dan mengerjakan dengan cara biasa, maka kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan, bahkan pusing kepala.

Apalagi soal Ujian Nasional menggunakan jenis soal dengan daya nalar tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS), dengan jumlah sekitar 15 sampai 20 persen. Jadi, kamu perlu mempersiapkan strategi khusus dalam mengerjakan soal UN ini.

Ujian Nasional (UN) rencananya akan dilakukan dengan 2 sistem, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Tenang, Strategi ini bisa kamu gunakan untuk kedua sistem tersebut.

Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional


Tips Mengerjakan Ujian Nasional

Tips 1 : Menuliskan apa yang Kamu Ingat dalam Lembaran


Untuk kamu yang pelupa atau yang memiliki kemampuan mengingat yang rendah, maka tips ini bisa kamu coba. Tips ini mungkin berlaku untuk Ujian Nasional mapel Matematika atau Kejuruan yang terdapat banyak rumus di dalamnya.

Setelah pengawas ujian membagikan lembaran kertas buram untuk oret-oretan, kamu bisa menuliskan beberapa rumus atau catatan yang kamu ingat ke dalam kertas tersebut. Sehingga ketika kamu lupa, kamu bisa melihat rumus tersebut.

Apakah itu curang?

Tentu saja tidak. Karena kamu menulisnya ketika Ujian sudah berlangsung dan itu sah sah saja. Yang tidak diperbolehkan adalah ketika kamu menuliskan materi UN di rumah, melipatnya, dan membawanya ke ruang ujian.

Tapi ingat ya, jangan sampe nama mantan juga tertulis, ntar kelihatan gagal move on. Hehehe.

Bisa dicoba? Silahkan.

Tips 2 : Membuat Kategori Soal dengan Tanda


Tips kedua adalah kamu bisa membuat kategori soal menurut diri sendiri dengan menambahkan tanda di lembar soal atau yang lainnya.

Kenapa begitu?

Pada Ujian Nasional, akan terdapat soal HOTS dengan jumlah soalnya sekitar 15-20% dari keseluruhan soal. Maka kamu bisa menerapkan tips ini untuk menjawab soal UN. Ingatlah bahwa tidak semua soal Ujian Nasional itu sulit.

Nah, biasanya soal UN akan dibagi menjadi 3 kategori, yakni mudah, sedang, dan sukar. Buatlah sebuah tanda untuk ketiga kategori soal ini di secarik kertas yang telah diberi nomor soal atau untuk UNKP bisa membuatnya di samping soal.

Kamu bisa memberikan tanda (x) untuk kategori soal sulit, tanda (o) untuk kategori soal sedang, dan tanda (v) untuk kategori soal mudah.

Untuk apa tanda ini?

Nantinya, tanda-tanda ini akan memudahkan kamu ketika akan mengerjakan ulang soal yang belum dijawab atau dilewati. Dengan ini, kamu akan mengetahui mana soal yang perlu kamu pikirkan ulang dan mana soal yang benar-benar tidak bisa kamu jawab. Ini juga bisa memberikan kamu bayangan atau mengira-ngira berapa nilai yang akan kamu dapatkan setelah semua soal sudah terjawab.

Tips 3 : Kerjakan Kategori Soal yang Mudah Dahulu


Setelah kamu memberikan tanda untuk mengetahui mana soal yang sulit dan mana soal yang mudah, selanjutnya adalah kamu mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

Kenapa harus yang mudah dulu?

Ya karena itu mudah, kalau bisa dipermudah, ngapain dipersulit, hehe. Ini bertujuan agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Jangan kamu terpatok pada soal yang sulit yang menyebabkan kamu pusing memikirkan jawabannya dan waktu terbuang sia-sia hanya karna satu soal itu.

Jadi, semisal kamu menemukan soal yang sulit, tinggalkan saja dulu, nanti kan bisa balikan. Hehehe.



Tips 4 : Pahami Soalnya dan Temukan Jawabannya


Mungkin beberapa soal membutuhkan pemahaman yang ekstra, seperti contohnya pada soal kategori HOTS, yang mengharuskan kamu harus berpikir lebih kritis dan teliti dalam menjawab soalnya.

Baca ulang soal jika kamu belum memahami apa yang dimaksud soal tersebut, mungkin akan kamu rasakan ketika kamu mengerjakan soal UN Bahasa Indoensia dan Bahasa Inggris.

Pahami soalnya, cari kalimat pokok pada soal tersebut, ketahui apa yang diinginkan soal itu, mungkin saja ada maksud tersirat dalam soal tersebut.

Pahamilah soal seperti kamu memahami doi :(

Tips 5 : Buat Target Pengerjaan dan Fokus


Sebelum memasuki ruang ujian, kamu bisa membuat target pengerjaan soal UN, dengan jumlah soal sekian dan waktu yang disediakan sekian, kamu bisa mengira-ngira berapa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu soal.

Misal, Matematika 40 Soal dengan waktu 120 menit. Maka waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu soal adalah 120/40 = 3 menit untuk setia soal.

Gunakan waktu sebaik mungkin, dan jangan lupa tips mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Sebisa mungkin kamu harus selesai mengerjakan soal sebelum waktu ujian habis, agar kamu tidak tergesa-gesa dalam mengerjakannya.

Tips 6 : Ingat, kamu Manusia


Tips yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mengingat bahwa kamu adalah manusia. Maksudnya gimana, Bang? Maksudnya adalah sebagai manusia, terkadang kita berbuat salah atau kelupaan terhadap sesuatu.

Untuk itu, ketika kamu selesai menjawab semua soal yang ada di depanmu, maka tugasmu adalah mengkoreksi kembali lembar jawaban kamu. Apakah sudah terjawab semua? Dan mengkoreksi kembali soal dan jawabannya, apakah sudah benar menurutmu?

Jika sudah, segera kumpulkan lembar jawabanmu atau menunggu instruksi dari pengawas.

Tips 7 : Ikuti Prosedur Pelaksanaan UN yang Berlaku


Hal yang paling penting ketika kamu hendak mengerjakan soal UN adalah dengan memahami prosedur dan tata tertib yang berlaku, biasanya ini akan dibacakan oleh pengawas UN sebelum Ujian dimulai.

Prosedur menjawab soal misalnya, untuk UNPK, apakah cara menjawab soal dengan disilang atau menghitamkan lingkaran jawaban. Bayangkan, meskipun kamu menjawab 40 atau 50 soal dengan benar, tapi cara menjawabnya salah, maka nilai kamu tidak akan keluar.

Atau peraturan lainnya yang dibacakan, tugasmu adalah memahami prosedur dan tata tertib pelaksanaan Ujian Nasional tersebut.

Dan jangan malu bertanya ketika kamu menghadapi sebuah masalah, baik itu masalah teknis maupun non-teknis. Tanyakan pada pengawas, bukan pada teman. Semisal tiba-tiba komputer mati atau aplikasi close force, segera menghubungi pengawas atau operator.

Tips 8 : Jangan Lupa Berdo’a dan Meminta Restu pada Kedua Orang tua


Usaha keras memang harus dilakukan untuk mencapai tujuanmu. Namun, ada hal yang jangan sampai kamu tinggalkan agar usahamu terasa lebih sempurna, yaitu berdo’a.

Kita sebagai manusia hanya bisa berupaya dan berdoa, adapun ketetapan semuanya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Maka sebagai generasi muda yang pintar sekaligus beragama, berdoalah supaya diberi kelancaran dan kemudahan selama Ujian Nasional (UN) berlangsung.

Jangan lupa juga untuk meminta restu kepada kedua orang tua, karena orag tua adalah sosok yang berharga dalam kehidupan, mereka membuat kamu tumbuh besar. Sebelum berangkat, minta maaf dan minta izin kepada kedua orang tua agar mereka selalu mendoakan kamu sehingga kamu pun bisa lebih lancar dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.

Baca juga : 7 Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian Nasional

KESIMPULAN


Mengerjakan soal Ujian Nasional tanpa strategi hanya akan membuang-buang waktu saja. Tidak hanya itu, tetapi juga akan menguras pikiran kamu.

Setiap orang mungkin memiliki cara dan strategi masing-masing. Tak apa, selagi cara tersebut positif, lakukan saja, toh, itu juga akan lebih nyaman dengan cara sendiri. Berlatih dan berlatih, mencoba dan terus mencoba, jangan menyerah, yakinlah, kamu pasti bisa.

Dan ingat, jangan sampai mengecewakan kedua orang tuamu. Meskipun kamu tidak bisa mendapat nilai yang baik, setidaknya kamu telah berusaha untuk mereka. Tetap semangat.

Demikian tips sukses mengerjakan soal ujian nasional dengan mudah, semoga kamu bisa menerapkan strategi ini dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tetap menjadi pejuang.

Semoga bermanfaat, dan...

Salam Netpelajar!

Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain