5 Tips Mudah Belajar Secara Efektif

Beberapa tips ini bisa kamu terapkan untuk belajar secara efektif. Belajar memang keharusan bagi setiap pelajar, agar tidak asal-asalan, baca selengkapnya tips mudah belajar secara efektif.
5 Tips Mudah Belajar Secara Efektif

Karena belajar bukan sekedar menghafal, tetapi memahaminya.

Belajar merupakan langkah bagi setiap orang untuk mengetahui sesuatu yang belum diketahuinya. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Setiap orang memiliki cara dan tips masing-masing dalam belajar. Karena orang memiliki sifat dan preferensi masing-masing yang tidak bisa disamakan.

Apakah definisi belajar secara efektif setiap orang berbeda-beda?

Tentu saja. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa setiap orang memiliki perilaku dan kemampuan masing-masing yang akhirnya membuat perilaku belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda pula.

Baca juga : 8 Tips Mengerjakan Soal UN dengan Mudah


Dalam panduan ini akan membahas tentang 5 tips mudah belajar secara efektif sesuai dengan karakteristik orang. Simak pembahasannya...

Cara Belajar yang Efektif


Tips 1: Temukan Zona Nyaman Belajar Kamu


Cara belajar efektif yang pertama adalah menemukan zona nyaman belajar kamu. Karena setiap orang berbeda-beda, maka zona nyaman belajar mereka pun berbeda-beda.

Cara Belajar yang Efektif

Zona nyaman seperti apa?

Tentang waktu, sebagian pelajar memilih waktu jam belajar di pagi hari, ada juga yang lebih suka belajar ketika pulang sekolah, dan sebagiannya lagi memilih di waktu malam hari.

Tentang kondisi dan keadaan lingkungan, sebagian siswa merasa nyaman ketika belajar ditemani oleh musik, sebagian lainnya tidak suka karena dianggap menganggu dan dapat memecah konsentrasi. Sebagian pelajar bisa belajar dalam keadaan ramai, sebagiannya lagi lebih suka dengan suasana yang hening.

Dan ada juga pelajar yang tidak bisa belajar jika tidak ada cemilan, biasanya para kaum cewe, hayoo ngaku...

Tentang tempat, Ada yang memanfaatkan jam kosong untuk belajar karena dia lebih suka belajar di sekolah daripada di rumah, dan sebagian lainnya lebih memilih belajar di rumah. Ada yang memilih belajar di bawah pohon rindang karena tempatnya yang sejuk.

Dan ada juga kaum yang bisa belajar sambil nongkrong di WC, inspirasi memang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Haha

Sudah menemukan zona nyaman belajar kamu? Temukan sekarang!

Tips 2: Bisa Karena Terbiasa 


Tips yang kedua adalah dengan membiasakan diri untuk belajar dan memahami sebuah materi yang dipelajari di sekolah.


Gambarannya gini, ketika kamu berangkat ke sekolah untuk pertama kalinya dengan rute perjalanan yang rumit, melewati berbagai jalan, tikungan, tanjakan turunan, pastinya kamu akan mengingat-ingat rute perjalanan itu, oh setelah ini kesini, oh setelah itu belok sini. Tapi apakah kamus sadar bahwa ketika kamu sudah berulang kali melewati rute itu dan mulai terbiasa dengannya, maka kamu tidak akan berfikir lagi akan kemana setelah ini, jalan terus tanpa ada arahan lagi karena kamu sudah terbiasa dengan itu.

Nah, begitu pun dengan materi, ketika kamu mempelajari sebuah materi secara berulang-ulang, maka kamu bisa paham di luar kepala. Kamu juga bisa mengulang materi yang diberika gurumu ketika pulang sekolah, luangkan waktu beberapa menit untuk membaca dan memahami kembali materi tersebut.

Jadi, untuk kamu yang ingin memahami sebuah materi sekolah, maka disarankan untuk mempelajarinya rutin setiap hari, meskipun itu sedikit tapi rutin. Daripada dengan mengandalkan sistem kebut semalam, konsentrasi sudah buyar, tubuh kelelahan, otak pun penat.

Tips 3: Mencatat poin penting dan menyajikannya dengan sesuatu yang berbeda


Tips Belajar Efektif

Ada beberapa mata pelajaran yang harus kamu kuasai dan setiap mapel memiliki banyak materi yang harus kamu pelajari. Dari banyaknya deretan materi dengan bab dan sub-babnya, kamu bisa mempelajarinya dengan mencatat poin poin penting disetiap babnya.

Bukan hanya sekedar mencatat...

Tapi kamu harus menyajikan materi yang kamu catat itu dalam bentuk yang berbeda agar kamu mudah mengingatnya dalam jangka waktu lama. Seperti apa itu?

Misalnya, dalam bentuk bagan, diagram, statistik, atau dengan penyajiannya lainnya yang bisa kamu temukan sendiri sesuai perilaku kamu. Kamu bisa menambahkan warna atau lainnya agar lebih mudah diingat oleh kamu. Atau seperti cara Sherlock Holmes yang menggunakan teknik mind palace, hehehe.

Dengan penyajian materi seperti itu maka kamu akan mudah mengingat materi itu dalam waktu yang lama.

Baca juga : 7 Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian Nasional


Tips 4: Belajar Kelompok itu Pilihan


Tips Mudah Belajar Secara Efektif

Belajar kelompok bisa dijadikan pilihan ketika kamu tidak memahami tentang materi tertentu. Kamu bisa menanyakan hal itu ke teman yang pandai di kelasmu.

Belajar kelompok juga bisa menjadi tempat diskusi, menemukan masalah, dan mencari solusi bersama, berbagi ilmu, dan berpendapat tentang sebuah materi yang dipelajari di sekolah.

Tapi jangan asal belajar kelompok lho. Jangan menjadikan belajar kelompok untuk ajang gosip atau malah mabar game online, terus kapan pinternya?

Dengan belajar kelompok ini kamu bisa mengetahui apa yang belum kamu ketahui. Jadi, kenapa tidak?

Tips 5: Ingat, Bahwa Kamu itu Bodoh


Tips Belajar secara Efektif

Tips yang terakhir adalah dengan memegang sebuah prinsip belajar dan mengingat bahwa kamu itu bodoh, kamu perlu belajar, kamu harus tahu lebih.

Prinsip yang bisa kamu pegang adalah jika kamu masih merasa bodoh dan tidak paham suatu materi, maka kamu akan terus belajar. Dan masih banyak yang harus dipelajari di dunia ini.

Apakah tidak bosan belajar terus menerus?

Secara manusiawi, memang belajar terus menerus akan memunculkan rasa bosan. Namun, kamu harus bisa melawannya dengan rasa keingintahuanmu dan rasa penasaran terhadap sesuatu yang baru dan menantang.

Kamu boleh beristirahat sejenak ketika lelah mulai menghampiri, sekedar merileks otak, mendengarkan musik, menonton film, atau juga bisa tidur.

Jika istirahat cukup, kamu bisa melanjutkannya lagi.


Kesimpulan


Pelajar memiliki cara belajar masing-masing dalam memahami materi yang diberikan, setiap pelajar juga memiliki kemampuan berpikir masing-masing. Cara belajar efektif itu sendiri tergantung dari diri masing-masing.

Jadi, Bagaimana definisi belajar efektif menurutmu?

Demikian pembahasan mengenai 5 tips mudah belajar secara efektif. Tetap semangat dalam belajar, tetap belajar dengan semangat.

Semoga bermanfaat, dan...

Salam Netpelajar!
Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

2 komentar

  1. share ilmunya banyak bermanfaat, trims
    1. Sama-sama.. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya...
Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain