Panduan lengkap bagaimana cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula.
Bisnis bukan hanya menjual dan memasarkan produk dan jasa, namun juga
membutuhkan pondasi dan penyokong yang kokoh agar bisnis Anda dapat bertahan
lama.
Halo, Calon Pengusaha.
Bisnis apa yang sedang trend saat ini? Yap! jawabannya adalah bisnis online.
Nampaknya banyak orang yang berbondong-bondong memulai bisnis online, mulai
dari usaha rumahan, UMKM, hingga perusahaan besar kini mulai beralih ke bisnis
berbasis online.
Sebenarnya bisnis online sama seperti bisnis offline, yang membedakan hanyalah
medianya saja. Jika bisnis offline kita membuka toko, kantor, warung, dan
semacamnya, maka bisnis online kita membangun website.
Lalu, bagaimana cara membangun bisnis online dari nol?
Membangun bisnis online itu mudah, yang sulit adalah bagaimana kita
mempertahankan bisnis kita. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam
menjalankan bisnis online ini.
Tapi sebelum masuk ke pembahasan inti, kita harus paham dulu, apa saja yang
dibutuhkan ketika memulai sebuah bisnis online.
Mari kita bahas...
Hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Membangun Bisnis Online
1. Persiapkan Nama Domain
Domain adalah sebuah alamat atau nama unik yang diberikan untuk
mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan
alamat IP (Internet Protokol). Fungsi dari domain adalah agar pengunjung atau
calon pelanggan lebih mudah dalam mencari, menemukan, dan mengingat bisnis
Anda. Sederhananya, domain adalah identitas dari sebuah bisnis.
Tapi, apakah domain itu penting?
Nama domain akan selalu menjadi hal yang pertama ditemui dan dilihat
oleh para pelanggan. Ketika mereka secara tidak sengaja menemukan bisnis Anda
di internet, maka hal yang pertama dilihat oleh mereka adalah nama domain,
atau mereka hendak mencari bisnis Anda di internet, tentu saja mereka akan
mengetikkan kata kunci dengan nama domain Anda. Selain itu, seseorang juga
bisa merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain dengan menyebutkan nama
domain Anda.
Jika dianalogikan, website adalah sebuah rumah dan domain adalah alamatnya,
tanpa adanya alamat yang jelas, bagaimana caranya Anda menuju ke rumah
tersebut?
Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki nama domain yang
pendek, deskriptif, dan mudah diingat, sehingga customer dapat dengan mudah
untuk mengingat bisnis dan apa yang Anda lakukan. Ini merupakan kunci untuk
mempertahankan bisnis Anda.
Beberapa tips dalam mencari nama domain untuk bisnis:
- Pilih nama domain yang unik dan mudah diingat, ini akan memudahkan pelanggan untuk mengingat dan menemukan bisnis Anda ketika mereka akan berkunjung kembali.Menjadi berbeda dengan memilih nama domain yang belum dipakai orang lain, selain untuk menghindari rancau antara usaha Anda dan orang lain, ini juga akan menjadikan bisnis Anda berbeda dengan yang lainnya.
- Menyertakan keyword terkait nama bisnis bisa menjadi pilihan, ini memungkinkan bisnis Anda akan muncul jauh lebih tinggi di mesin pencari. Misal, Anda menjual kaos, nama domain yang menyertakan kata kunci 'kaos' lebih cenderung muncul di search engine.
-
Namun, jangan gunakan nama domain yang membatasi bisnis untuk
berkembang, semisal kamu bisnis jualan buku dan nama domain kamu adalah "toko buku",
jika bisnis kamu berkembang dan menjual produk lain, nama domain tidak
relevan dengan apa yang kamu jual.
- Hindari pula nama yang sulit dieja, ini akan membuat pelanggan bingung dan sulit untuk mengingat bisnis Anda.
- Gunakan nama yang memiliki makna tersendiri, sebuah makna berharga bisa Anda selipkan untuk menjadi nama domain bisnis Anda, lebih menarik bukan?
- Pastikan Anda secara pribadi senang dengan nama bisnis Anda, bisnis yang dijalankan dengan rasa senang akan menumbuhkan rasa optimis dalam diri Anda.
Domain bukan hanya sekedar nama belaka. Domain merupakan bagian penting
dari sebuah bisnis online, yang terus melekat ketika bisnis tersebut berjalan
dan berkembang.
Domain sendiri merupakan nama unik dan hanya satu-satunya. Jadi, dari jutaan
nama domain yang ada di dunia, tidak akan ada nama domain yang sama.
Mau beli Domain Murah? Rekomendasi 👇
...
2. Produk atau Layanan Jasa
Bisnis online tidak hanya menjual sebuah produk, Anda juga bisa menawarkan
layanan jasa sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda.
Banyak orang yang baru menjadi pengusaha memulai bisnis dengan cara yang
salah, ini sering dilakukan oleh mereka. Mereka biasanya menemukan sebuah ide,
mengolah ide tersebut menjadi produk atau jasa, kemudian langsung membuka toko
atau membangun website, dan mulai berjualan.
80% orang yang memulai bisnis dengan cara ini akan gagal.
Lalu, bagaimana seharusnya?
Anda harus wajib tahu apakah sesuatu yang Anda jual atau tawarkan itu bernilai
bagi orang lain sehingga mereka mau menukarkannya dengan uang.
Caranya adalah dengan menentukan,
- Target pasar, kepada siapa Anda akan melakukan penjualan dan penawaran?
- Pemasaran, apa yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian mereka?
- Produk atau Jasa, apa yang bisa Anda jual dan tawarkan kepada mereka?
➤ Menentukan Target Pasar
Langkah pertama adalah dengan menentukan target pasar. Karena tidak semua
orang membutuhkan apa yang Anda jual atau tawarkan. Anda harus lebih spesifik
dalam menentukan kepada siapa produk atau layanan jasa itu ditargetkan.
Dalam dunia bisnis mengenal pepatah : "Kalau Anda mencoba menjual ke semua
orang, sama artinya dengan Anda tidak menjual ke siapa pun"
Itu menunjukan bahwasnya Anda perlu menentukan target pasar agar bisnis
semakin berkembang.
Misal, Anda menjual vitamin peninggi badan, maka orang yang membutuhkan
vitamin tersebut adalah orang berbadan pendek. Dengan kata lain, target pasar
Anda adalah orang-orang yang memiliki badan pendek.
➤ Cari Permasalahan Mereka
Cari masalah memang tidak baik, tetapi jika mencari suatu permasalahan untuk
diberikan solusi, itu baru terbaik.
Setelah Anda menentukan target pasar, langkah selanjutnya adalah menemukan
masalah-masalah utama bagi setiap orang pada target pasar Anda.
Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apa yang sedang mereka butuhkan.
➤ Berikan Solusi Praktis
Setelah Anda menemukan masalah-masalah mereka, kemudian berikan solusi praktis
untuk mereka. Solusi praktis bukan berarti mudah, instan, simpel, melainkan
solusi yang langsung bisa mereka praktekan untuk memberikan manfaat dan
benar-benar dibutuhkan mereka.
Ketika Anda sudah membuat produk atau layanan jasa yang mampu menyelesaikan
setiap permasalahan target pasar Anda, berarti Anda sudah membuat bisnis yang
menguntungkan.
...
Dengan demikian, Anda sudah menemukan model bisnis yang menguntungkan serta
bermanfaat dengan cara membuat produk yang mereka butuhkan.
3. Menentukan Media Penjualan
Langkah terakhir yang perlu dipersiapkan adalah menentukan dimana Anda akan
mulai berjualan. Kebanyakan orang yang baru merintis bisnis online mengalami
dilema antara berjualan di
marketplace atau membuat website sendiri marketplace atau membuat website sendiri, ada juga yang hanya mengandalkan sosial media seperti Fanspage atau
Instagram.
Bingung ya?
Mari kita bahas bersama. Semoga ini bisa membantu Anda dalam menentukan
pilihan untuk media penjualan bisnis Anda.
Marketplace, Website, maupun Sosial Media merupakan media penjualan yang bisa
kamu gunakan untuk menjual dan menawarkan produk/jasa. Namun, ada beberapa
pertimbangan yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan pilihan, antara
lain:
- Jenis produk atau jasa, ada beberapa produk yang cocok di marketplace tapi tidak cocok di website pribadi, ada pula produk yang cocok di website pribadi tapi tidak cocok di marketplace. Misalnya, layanan domain dan hosting, tentu tidak relevan jika Anda memasarkannya lewat marketplace. Jadi, pilihlah media penjualan yang benar-benar cocok untuk bisnis Anda.
- Budget yang dimiliki, membangun website membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk kamu yang baru merintis bisnis kecil-kecilan, disarankan untuk memilih media penjualan sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan dipaksakan, bukannya untung, nanti malah rugi.
- Algoritma Sosial Media, sekarang ini sudah tidak friendly lagi untuk kepentingan bisnis. Karena hampir semua platform sosial media akan memfilter postingan kita sehingga tidak semua follower atau audience tidak melihat apa yang kita posting. Jadi, gunakanlah sosial media untuk membangun audience saja.
Berikut ini adalah perbandingan kelebihan dan kekurangan marketplace dan
website sendiri sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk menentukan pilihan
dengan lebih baik:
Website E-Commerce
Kelebihan :
- Lebih profesional karena memiliki domain dan hosting sendiri, sehingga secara branding bisa lebih ngena di mata pelanggan
- Bebas melakukan apapun dengan website sendiri, mendesain web, menentukan sistem dan peraturan sendiri, dan tidak dibatasi oleh siapa pun.
- Bisa lebih kreatif dalam melakukan promosi, seperti mengadakan event dan promo, karena branding yang lebih kuat.
- Secara jangka panjang lebih aman daripada marketplace.
Kekurangan :
- Lebih mahal karena harus mengeluarkan biaya domain dan hosting.
- Harus melakukan maintenance apabila terjadi crash, dan perlu melakukan marketing dari nol, serta belajar internet marketing, SEO, dan semacamnya.
Marketplace
Kelebihan :
- Lebih praktis, karena tidak perlu memikirkan domain dan hosting, server, dan masalah IT lainnya.
- Tidak perlu melakukan marekting yang terlalu tinggi seperti SEO dan semacamnya.
- Tidak perlu coding dan develop website, karena sudah ada yang menanganinya sendiri.
- Promo dan bonus biasanya disediakan oleh pihak marketplace.
Kekurangan :
- Harus mengikuti aturan marketplace, tidak bisa bebas seenaknya sendiri. Dan harus mengikuti jika sewaktu waktu peraturan berubah.
- Banyaknya seller mengakibatkan seller baru cukup sulit untuk menghasilnya penjualan, dan lebih kompetitif karena banting-bantingan harga produk.
- Kapasitas upload produk yang terbatas.
- Fitur premium yang disediakan biasanya lebih mahal daripada membuat website sendiri.
Nah, jika memungkinkan untuk dilakukan, Anda bisa memanfaatkan keduanya
untuk menunjang bisnis Anda. Hal ini bisa mendatangkan lebih banyak
pelanggan jika Anda dapat mengelolanya dengan baik. Namun, mungkin Anda akan
mengalami kerepotan karena harus mengupload produk di banyak tempat yang
berbeda, dan juga permasalahan lainnya.
Eitsss, tahukah Anda?
Menurut survey, 6 dari 10 orang lebih menyukai produk yang memiliki
website resmi. Selain itu, 50 % pelanggan yang mencari produk secara online
langsung menuju website resmi dari produk yang mereka inginkan.
Sedangkan menurut hasil survey Verisign, menyebutkan 65 persen
pemilik bisnis mengungkapkan bahwa memiliki website dapat meningkatkan
kredibilitas dan kepercayaan customer. Bahkan, 60 persen pemilik bisnis
mengatakan,
website adalah salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis online.
...
Membangun sebuah website profesional untuk bisnis bukanlah hal yang mudah,
tetapi juga tidak begitu sulit. Dibalik website yang profesional, ada
layanan web hosting yang hebat.
Bangun Website Anda Sekarang
Nah, sudah tau belum?
Ada layanan web hosting terbaik di Indonesia, namanya Niagahoster.
Penyedia domain dan hosting terbaik. Kamu bisa
beli hosting dengan harga yang
murah dan kualitas yang terbaik. Murah namun tidak murahan tentunya, Niagahoster selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas untuk
para pelanggannya.