Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih? Ini dia Penjelasannya

Waktu terbaik untuk minum air putih adalah ketika kamu meminumnya. Seperti yang kita tahu bahwa para ahli menyarankan untuk terus minum 8 gelas perhari. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan cairan tubuh kamu sendiri. Ketika memungkinkan untuk minum air putih setiap 2 jam. Tetapi ketika sedang berpuasa, kamu bisa mengkonsumsi lebih banyak air putih pada saat sahur dan buka puasa. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minum air putih.
Waktu terbaik untuk minum air putih
Waktu terbaik untuk minum air putih adalah ketika kamu meminumnya.


Seperti yang kita tahu bahwa para ahli menyarankan untuk terus minum 8 gelas perhari. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan cairan tubuh kamu sendiri.

Ketika memungkinkan untuk minum air putih setiap 2 jam. Tetapi ketika sedang berpuasa, kamu bisa mengkonsumsi lebih banyak air putih pada saat sahur dan buka puasa.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minum air putih.

Waktu Terbaik Minum Air Putih


Berikut beberapa kondisi atau waktu yang tepat untuk minum air putih yang harus kamu ketahui.

Waktu terbaik untuk minum air putih 

1. Minumlah Air Putih Ketika Perut Kosong


Minum air putih saat perut kosong dapat membantu proses detoksifikasi tubuh lho. Minum air putih saat perut kosong berhubungan erat dengan pencegahan dan penyembuhan sejumlah penyakit, seperti jantung, epilepis, sakit kepala, radang sendi, diabetes, sembelit, obesitas, TBC, meningitis, ginjal, rahim, bahkan kanker.

Menurut Healthy Life Tricks, adapun aturan dan banyaknya jumlah air yang harus kamu konsumsi saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, yaitu:
  • Minum 4 gelas air dengan ukuran 200 ml ketika bangun tidur dan belum melakukan aktivitas apapun.
    Jika belum terbiasa dengan minum air sebanyak 200 ml, kamu bisa memulainya dengan minum 4 gelas air sebanyak ukuran biasanya.
  • Setelah minum air putih, kamu bisa menggosok gigi.
  • Setelah sarapan, jangan minum atau makan apapun selama 1 sampai 2 jam.
  • Setelah 1 sampai 2 jam, kamu boleh minum dan makan apapun sepanjang hari.

Kebiasan minum saat perut kosong dengan aturan seperti itu bisa bermanfaat sebagai perawatan alami mengobati banyak penyakit.

Penelitian juga menunjukan bahwa hal ini dapat mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit kronis.

Hebat ya?

2. Hindari Minum Air Putih Sebelum Minum Teh atau Kopi


Untuk kamu penggemar kopi atau teh, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi air putih sebelum minum kopi atau teh.

Kenapa demikian?

Karena kopi dan teh mengandung tinggi asam atau pH 5 dan 6. Hal ini akan meningkatkan keasaman dalam tubuh yang dapat menyebabkan ulkus lambung dan kanker.
Oleh karena itu, meminum air putih sebelum minum minuman ini akan menyebabkan asam lambung.

Tidak mau, kan?



3. Minum Air Putih Sebelum Mandi


Minum air putih sebelum mandi dapat menurunkan tekanan darah. Namun, hati-hati ketika minum air dingin sebelum mandi air panas. Perubahan dalam suhu secara drastis akan mengakibatkan pusing dan efek kesehatan lainnya.

4. Minum Air Putih Sebelum Makan


Waktu yang tepat ketiga adalah minum air putih ketika hendak makan. Minum air putih sebelum makan akan membantu proses pencernaan lebih baik.

Cobalah untuk minum air 30 menit sebelum makan dan minumlah air satu jam setelah makan sehingga tubuh akan menyerap nutrisi.

5. Minum Air Putih Sebelum Tidur


Cobalah untuk mengkonsumsi air putih satu jam sebelum tidur. Minum air sebelum tidur akan mengisi kehilangan cairan selama malam dan mencegah stroke dan serangan jantung.

6. Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur


Air minum setelah bangung tidur akan membantu mengaktifkan organ internal kamu dan membuang racun dalam tubuh sebelum sarapan.

7. Minum Air Putih Ketika Olahraga


Minumlah air putih ketika olahraga, terutama sebelum dan setelah latihan. Minum air ini akan membantu tubuh kamu tetap aktif.

Kesimpulan


Menjaga kesehatan tubuh dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh memang sangat dianjurkan. Terlebih air putih memang memiliki manfaat yang sangat besar untuk kebugaran tubuh kita.
Selain itu, air putih juga bisa mengobati berbagai penyakit, bahkan penyakit kronis.

Dengan manfaat yang besar ini, jika dikelola dengan baik, akan mengakibatkan manfaat yang lebih besar lagi tentunya. Seperti dengan memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk minum air putih.

Demikian pembahasan mengenai waktu terbaik untuk minum air putih. Semoga kamu bisa menerapkan pembahasan diatas.

Semoga bermanfaat, dan...

Salam Netpelajar!

Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain