Mana yang Lebih Baik Surat Lamaran Tulis Tangan atau Ketik?

Surat lamaran kerja tulis tangan atau ketik merupakan masalah yang sepel tapi sangat membingungkan, dan iniliah beberapa pertimbangan kamu harus memilih salah satunya.
Surat Lamaran Kerja Diketik atau Ditulis Tangan

Menentukan bentuk surat lamaran kerja yang tepat, apakah surat lamaran kerja ditulis tangan atau diketik?


Surat Lamaran Kerja merupakan senjata tempur dalam melamar pekerjaan. Ini akan menjadi dokumen yang pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan. Namun, masih banyak yang bingung tentang bentuk surat lamaran seperti apa yang harus mereka siapkan.

Dan pertanyaan yang sering ditemui...

Bang, Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan atau Diketik?


Oke, ini merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para canaker. Banyak yang masih bingung dalam hal ini. Mungkin kamu salah satunya. Iya kan?

Di salah satu forum diskusi, ada yang menanyakan hal demikian.

Trus jawabannya apa, Bang?

Sebagian besar dari mereka menyarankan untuk menggunakan surat lamaran yang diketik dengan alasan ini sudah jaman modern dan jika diketik akan mudah dibaca dan terlihat lebih rapih.
Jawaban Member Kaskus

Benarkah demikian? Kita bahas bersama-sama di bawah ini...

Seperti yang sudah saya katakan, surat lamaran menjadi ujung tombak dan berperan sangat penting karena dokumen ini yang pertama kali dilihat.


Surat lamaran kerja juga mencerminkan kepribadian kita. Untuk itu, persiapkan surat lamaran sebaik mungkin dan serapih mungkin agar pihak personalia ataupun HRD yang bertugas menyeleksi canaker dapat terkesan oleh surat lamaran anda.

# Di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun yang diketik di komputer... 


Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Vs Ketikan Komputer

A. Tulis Tangan


Kelebihan surat lamaran tulisan tangan sendiri adalah: 
  • Terlihat karakteristiknya, karena dengan menggunakan ilmu graphology goresan tulisan tangan dapat menunjukan karakter sang penulisnya. 
  • Terlihat lebih bersungguh-sungguh, karena ini lebih menantang daripada mengetik di komputer.
  • Terhindar dari dugaan surat lamaran hasil copy paste atau pake jasa orang lain.
  • Lebih mengesankan dan personal (personal approach) 
Namun, selain nilai plus di atas, bentuk penulisan ini memiliki kekurangan, yaitu:
  • Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama daripada diketik.
  • Jika terjadi kesalahan, maka harus diganti dengan yang baru. Ini juga akan membuang-buang kertas folio jika terus melakukan kesalahan.

B. Ketikan atau Print out


Seseorang yang memilih membuat surat lamaran kerja dengan diketik memiliki alasan:
  • Menghemat waktu dan tenaga, karena ini lebih efisien daripada tulis manual.
  • Tidak khawatir jika terjadi kesalahan, karena bisa langsung diperbaiki tanpa membuat dari awal lagi.
  • Menghemat kertas dan terlihat lebih rapih.
Dibalik kelebihannya, ada juga kekurangan dari bentuk ini, yaitu:
  • Terduga hasil copy paste atau memakai jasa orang lain.
  • Nilai kesungguhan berkurang.
Itu adalah kelebihan dan kekurangan dalam menulis surat lamaran kerja baik menggunakan tulis tangan maupun dengan ketikan komputer.

Belum menemukan jawabannya?

Kita belum selesai bahasnya bray..

...di bawah ini mungkin jawaban yang kamu cari-cari selama ini.


# Beberapa poin yang harus diperhatikan agar kita bisa tahu kapan kita menggunakan surat lamaran tulis tangan atau ketikan...


1. Perhatikan instruksi lowongan pekerjaan


Anda harus memperhatikan dengan seksama informasi yang ada pada brosur atau iklan lowongan pekerjaan.

Biasanya pihak perusahaan atau lembaga tersebut memberikan informasi bagaimana bentuk surat lamaran kerja yang diinginkan, apakah dengan tulis tangan atau ketikan.

Contohnya seperti pada lowongan CPNS, yang mengharuskan pelamarnya menggunakan surat lamaran yang ditulis tangan. Tangannya sendiri loh ya, bukan tangan orang lain.

Ada juga perusahaan yang menginstruksikan canaker untuk membuat lamaran dengan ketikan komputer. Semua tergantung pihak perusahaannya, tugas anda adalah mencermati apa yang diinginkan perusahaan.

Kalau tidak ada instruksinya gimana, Bang?

Jika tidak ada informasi yang terkait surat lamaran kerja, maka:

2. Amati, dimana anda mendaftar kerja


Jika anda mendaftar kerja di perusahaan besar atau perusahaan yang memiliki calon kandidat dalam jumlah banyak, maka saya sarankan untuk menggunakan surat lamaran kerja dengan ketikan komputer.

Mengapa demikian?

HRD tidak mungkin melihat secara keseluruhan lamaran yang anda kirim, hanya surat lamaran kerja dan cv saja yang akan dibaca, itu pun hanya seilas. Beberapa detik saja. Disini HRD menyeleksi mana yang cocok dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Kemudian jika sudah didapat beberapa, HRD baru akan membaca keseluruhan lamaran dan menyeleksi lagi berdasarkan poin poin lainnya.


Intinya adalah HRD tidak punya banyak waktu. Tidak mungkin HRD melihat satu persatu ribuan lamaran yang masuk. Jika anda menggunakan surat lamaran dengan tulis tangan, dikhawatirkan tidak dibaca oleh HRD.

Maka dari itu, saya sarankan untuk menggunakan surat lamaran kerja ketikan komputer ketika mendaftar di perusahaan dengan jumlah pendaftar yang mencapai ribuan.

Lalu, kapan menggunakan surat lamaran kerja tulis tangan?

Surat lamaran kerja tulis tangan disarakankan ketika anda mendaftar di perusahaan yang tidak begitu besar atau yang hanya merekrut beberapa orang saja, misalnya toko, restoran, kantor, dan lainnya.

Kenapa?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, surat lamaran kerja dengan tulis tangan bisa menunjukan karakter seseorang dan personal approach. Terlebih jika yang mendaftar hanya beberapa saja, sang perekrut bisa lebih lama melihat lamaran para kandidat dan proses seleksinya bisa saja dari tulisan yang anda buat.

Selain hal di atas, jalur pendaftaran juga bisa mempengaruhi lho,

Dulu...

...ketika pertengahan kelas 12, banyak perusahaan yang mencari calon tenaga kerja dengan kandidatnya yang belum lulus sekolah, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan IJON.

Saya sendiri mendaftarkan diri di salah satu perusahaan otomotif melalui jalur BKK sekolah. Dan yang saya ingin katakan adalah hampir semua perusahaan tersebut tidak menginstruksikan bentuk lamaran apa yang diinginkan.

Nah, melalui pengamatan saya, mereka para canaker IJON membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan, termasuk saya sendiri. Anda bisa melihat tulisan lamaran kerja saya di artikel sebelumnya.

Bukan hanya IJON, hampir semua yang mendaftarkan diri melalui jalur BKK, mereka menggunakan surat lamaran tulis tangan, bukan ketikan komputer. Itu yang saya amati...

Nah, jika masih belum yakin, maka:

3. Lihat Calon Kandidat yang Lain


Jika kamu masih bingung dengan bentuk surat lamaran yang akan kamu buat, kamu bisa menanyakan hal ini kepada canaker lain yang juga mendaftar di perusahaan impian kamu.

Tidak perlu malu bertanya...

...karena bertanya itu gratis ges, ngga ada ruginya kalo kamu bertanya, inget, bertanya itu gratis tis tis.. wkwkwk

Kamu juga bisa menanyakan kepada kakak kelas atau karyawan yang sudah bekerja di perusahaan impian kamu, dulunya dia membuat surat lamaran kerja dalam bentuk apa.

Bang, surat lamaran untuk Job Fair gimana? Kalau diketik, trus alamat perusahaan dan nama posisinya gimana?

Gimana hayoo...

...kalau kamu mengikuti Job Fair dan kamu membuat surat lamaran dalam bentuk ketikan, maka saya sarankan untuk mengkosongkan bagian alamat perusahaan dan posisi yang akan dilamar.

Dan penulisan yang kosong itu dilakukan secara tulis tangan ketika kamu sudah berada di Job Fair.

Atau kamu ingin membuat surat lamaran dalam bentuk tulis tangan juga tidak masalah, tapi sebagian besar peserta Job Fair membuatnya dalam bentuk ketikan.


Dari semua pembahasan di atas, yang terpenting adalah...


Kamu harus bersungguh-sunguh, baik itu surat lamaran tulis tangan maupun ketikan, tugas kamu adalah membuatnya dengan serius dan sungguh-sungguh. Karena kedua bentuk lamaran tersebut sama baiknya, tidak ada yang tidak baik, semuanya baik. Kamu hanya perlu menyesuaikan permintaannya dalam bentuk apa.

Sesuai dengan kaidah yang benar, gunakan bahasa yang formal dan juga efektif, perhatikan pula ejaan dan penggunaan tanda baca yang benar, hindari kesalahan penulisan, dan juga perhatikan kerapihan baik itu tulisan tangan maupun ketikan.

Berdasarkan apa adanya, jangan kamu membuat sebuah surat lamaran kerja yang tidak mencerminkan karakter anda sendiri, jangan menambahkan sesuatu yang tidak ada sama sekali pada diri anda, buatlah lamaran dengan jujur dan apa adanya.

Terus berusaha dan berdoa, keduanya harus saling ada, saling melengkapi, jangan sampai ada salah satu yang kamu tinggalkan, karna itu adalah kuncinya.

Keep Semangat!


Demikian pembahasan mengenai Mana yang Lebih Baik Surat Lamaran Tulis Tangan atau Ketik?. Semoga bisa membantu permasalahan yang sedang anda hadapi.

Mari diskusi, silahkan berikan opini, masukan, tambahan, kritikan, di bawah ini pada kolom komentar. Kesalahan itu pasti adanya, mohon untuk bersama-sama saling mengingatkan daam kebaikan.

Salam Canaker!

NETPELAJAR
Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain