Pentingnya Software Akuntansi untuk Usaha Kecil dan Menengah

Tahukah kamu? Saat ini, jumlah UKM di Indonesia mencapai 59,2 juta pelaku. Dan 3,79 juta diantaranya sudah go online. Itu berarti sebanyak 22,17 % penduduk Indonesia telah memiliki usaha sendiri. Namun sayangnya, masih banyak UKM yang tidak mengaplikasikan pembukuan yang benar untuk pengembangan usaha mereka. Mereka beranggapan bahwa pembukuan tidak terlalu penting saat merintis sebuah usaha, karena dinilai sulit dan juga memakan banyak waktu. Apakah pembukuan itu penting? Pada kenyataannya, pembukuan berperan sangat penting dalam sebuah bisnis. Karena salah satu modal untuk bisa naik kelas adalah dengan pembukuan yang akurat dan rapih. Dengan adanya pembukuan yang baik tersebut, maka bisnis yang sedang berkembang akan mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara sehat. Netpelajar bersama Accurate ingin mengajak para pemilik bisnis untuk menyadari pentingnya pembukuan. Untuk Anda yang awam dengan akuntansi, tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah dalam mengelola bisnis Anda, yaitu dengan penggunaan software akuntansi.
Pentingnya Software Akuntansi untuk Usaha Kecil dan Menengah

Masih jaman dengan pencatatan manual? Yuk beralih ke Software Akuntansi 



Tahukah kamu? Saat ini, jumlah UKM di Indonesia mencapai 59,2 juta pelaku. Dan 3,79 juta diantaranya sudah go online. Itu berarti sebanyak 22,17 % penduduk Indonesia telah memiliki usaha sendiri.

Namun sayangnya, masih banyak UKM yang tidak mengaplikasikan pembukuan yang benar untuk pengembangan usaha mereka. Mereka beranggapan bahwa pembukuan tidak terlalu penting saat merintis sebuah usaha, karena dinilai sulit dan juga memakan banyak waktu.


Apakah pembukuan itu penting? 

Pada kenyataannya, pembukuan berperan sangat penting dalam sebuah bisnis. Karena salah satu modal untuk bisa naik kelas adalah dengan pembukuan yang akurat dan rapih. Dengan adanya pembukuan yang baik tersebut, maka bisnis yang sedang berkembang akan mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara sehat.

Pentingnya Software Akuntansi untuk UKM
Netpelajar bersama Accurate ingin mengajak para pemilik bisnis untuk menyadari pentingnya pembukuan. Untuk Anda yang awam dengan akuntansi, tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah dalam mengelola bisnis Anda, yaitu dengan penggunaan software akuntansi.

Mengapa software akuntansi dibutuhkan UKM? 


Dilansir dari Jurnal.id, pada tahun 2017, Ditjen Pajak mencatat sebanyak 19.304 perusahaan telah tersangkut masalah pelaporan pajak yang tidak sesuai dengan pendapatan resmi yang telah diterima oleh oleh perusahaan tersebut. Dari keseluruhan perusahaan yang bermasalah dengan masalah pelaporan pajaknya, Ditjen mengklaim 76% kesalahan pelaporan diberikan oleh bisnis dengan skala kecil dan menengah. 

Mengapa bisa demikian? 

Kemungkinan terbesar karena faktor kesalahan pelaporan pajak adalah proses pembukuan yang tidak baik sejak bisnis itu dimulai, sehingga tidak memiliki data yang akurat mengenai pendapatan dan pengeluaran selama bisnis itu berjalan.

Anda tentunya tidak ingin kasus diatas juga terjadi pada bisnis Anda bukan? Untuk itu, mari kita bahas pentingnya software akuntansi untuk menunjang proses pembukuan bisnis Anda.

Pembuatan Laporan Keuangan Menjadi Lebih Mudah dan Praktis 


Kehadiran aplikasi akuntansi tentunya dapat memudahkan usaha UKM untuk membuat sebuah laporan keuangan. Cukup mudah, hanya dengan meng-input data transaksi yang dilakukan ke dalam aplikasi, maka informasi keuangan dapat disajikan dengan mudah dan cepat.

Hal ini tentunya dapat menghemat waktu Anda dalam mengelola keuangan, sehingga Anda dapat mengalokasikan untuk kegiatan pengembangan bisnis UKM lainnya. 

Jadi, Anda tidak perlu lagi mencatat di buku tulis atau manual melalui software komputer yang begitu rumit. Dengan aplikasi akuntansi, data laporan keuangan rutin setiap bulan atau tahun yang sudah dicatat sebelumnya akan tersedia secara otomatis karena data selalu tersimpan dengan rapi. Bahkan ketika terjadi kesalahan dalam mencatat keuangan, Anda bisa langsung memperbaikinya dan langsung bisa melihat laporan secara realtime dengan data terbaru.

Keamanan Data yang Terjamin


Jika kita masih menggunakan pembukuan secara manual, maka data yang ditampilkan hanya tertulis di buku atau tersimpan di komputer. Namun jika terjadi hal hal yang tidak kita inginkan seperti buku terbakar, hilang, atau komputer rusak, maka data-data yang Anda catat sebelumnya akan ikut hilang.

Lantas bagaimana?

Hal tersebut berbeda jika Anda membuat laporan keuangan dengan software akuntansi. Karena data laporan keuangan yang telah dibuat akan tersimpan dengan aman di server yang dipakai oleh software tersebut.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan data keuangan Anda. Selain itu, dengan menggunakan software tersebut, data akan tetap bersifat rahasia. Hanya pengguna yang bersangkutan yang bisa mengakses data tersebut. Anda tidak perlu khawatir jika orang lain akan mengetahuinya.

Dapat Dilakukan Kapan dan Dimana Saja


Ini merupakan pentingnya menggunakan software akuntansi untuk para pelaku UKM yang tak kalah penting. Anda bisa membuat, mengelola, mengedit data laporan keuangan Anda dimana pun dan kapan saja, sehingga Anda tidak perlu berada di kantor untuk sekedar membuat laporan. Cukup dengan membuka aplikasi dan semuanya beres.

Manajemen Stok Persediaan


Anda tidak perlu pusing ketika mengatur semua persediaan yang tersimpan di gudang atau tempat penyimpanan pada UKM Anda. Dengan software akuntansi ini, semua persediaan stok yang tercatat dan ter-input akan ter-manage secara detail dan rapi. Stok persediaan dalam gudang akan selalu update dan juga terkalkulasi dengan baik. 

Dan juga, Anda bisa memasukan penyesuaian stok akhir dengan hasi stok opname UKM Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat presentase item persediaan yang paling laku terjual, mudah kan.
Pentingnya Software Akuntansi untuk Usaha Kecil dan Menengah
Ilustrasi

Lalu, Software Akuntansi seperti apa yang dibutuhkan UKM?


Sekarang ini, para developer berlomba lomba mengembangkan software akuntansi terbaiknya untuk membantu para pelaku UKM dalam mengelola bisnisnya, khususnya dalam data laporan keuangan.

Banyak software yang dikembangkan untuk menunjang aktivitas pembukuan Anda. Namun, kami sarankan untuk menggunakan Accurate Online sebagai Software Akuntansi bisnis Anda.



Mengapa Accurate Online?

Accurate Online merupakan software akuntansi buatan anak bangsa yang dikembangkan oleh CPSSoft. Accurate ini dapat membantu Anda dalam merapikan pembukuan, mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, hingga memudahkan laporan pajak.

Accurate dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola dan mengatur bisnis. Dengan fitur tersebut, pembukuan bisnis Anda akan lebih mudah dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan catatan manual atau excel.

Harganya berapa, Bang?

Tidak perlu khawatir, Accurate menetapkan 1 harga untuk semua fitur lengkap. Tidak adanya perbedaan, bahkan biaya tambahan.

Anda juga bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari, dan dapatkan pengalaman pembukuan yang cepat, praktis, dan efisien bersama Accurate.

Masih belum percaya dengan Accurate?


Berikut ini adalah profil dari Accurate Online



Dan dibawah ini adalah salah satu pengguna Accurate Online yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya
 


Demikian pembahasan mengenai pentingnya software akuntansi untuk usaha kecil dan menengah.


Semoga bermanfaat, dan..


Salam Netpelajar

Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain