5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Tips menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting bagi sebagian orang. Karena tubuh yang sehat pasti didambakan oleh semua orang.
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips menjaga kesehatan tubuh - Sehat itu mahal, jika menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan harga murah, kenapa tidak kamu lakukan?


Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting bagi sebagian orang. Karena tubuh yang sehat pasti didambakan oleh semua orang, bahkan tidak ada orang yang ingin dirinya mengalami sakit.

Ada yang mengatakan bahwa sehat itu mahal. Kalimat tersebut memang benar. Beruntunglah kalian yang masih diberikan kesehatan, karena orang sakit pun ingin sehat kembali seperti biasanya. Jadi, jagalah kesehatanmu agar tidak mudah sakit.

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka, usahakan untuk selalu berfikir positif terhadap segala masalah yang menimpa pada diri kita, karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Untuk itu, dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit, sehingga tubuh anda selalu fit dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh


Pada dasarnya, supaya untuk menjaga agar tubuh tetap segar dan bugar, serta jauh dari kuman dan penyakit adalah lebih mengacu pada pola makan dan gaya hidup yang sehat. Dan berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

1. Mencukupi Kebutuhan Tubuh dengan Minum Air Putih


Tips menjaga kesehatan tubuh yang pertama agar senantiasa fit adalah dengan meminum air putih secara teratur setiap harinya.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Minum Air Putih


Kenapa demikian?

Air putih merupakan sebutan masyarakat secara umum untuk air mineral atau air tawar. Air yang memiliki sifat tidak mengandung campuran apapun itu wajib dikonsumsi oleh tubuh kita sebanyak kurang lebih 1,5 sampai 2 liter perhari tergantung kebutuhan tubuh masing-masing.

Hal itu akan membantu menjaga kebugaran tubuh kita. Terkait porsi kecukupan konsumsi air putih ini bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari kamu.

Baca juga tentang Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air Putih? Ini dia Penjelasannya


Dan hal yang tak kalah pentingnya adalah usahakan ketika kamu hendak minum air putih dengan kondisisi duduk, dan lebih baik lagi jika sebelum meminumnya diiringi dengan mengucapkan bismillah atau berdoa.

Sudah minum air putih hari ini?

2. Menerapkan Olahraga Teratur


Tips menjaga kesehatan tubuh yang kedua adalah melakukan olahraga teratur. Himbauan untuk melakukan olahraga teratur ini telah banyak disampaikan di berbagai tempat dan kesempatan. Namun, masih banyak orang yang belum melakukannya dengan alasan bahwa olahraga teratur itu harus memiliki waktu khusus, tempat olahraga khusus, serta hal-hal yang sulit untuk diterapkan.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Olahraga Teratur

Tapi, olahraga teratur yang dimaksud bukanlah yang demikian, melainkan hal-hal yang mungkin lebih sederhana, seperti jalan kaki. Jalan kaki sendiri dinilai sebagai olahraga yang simpel namun memiliki efek yang luar biasa.

Fakta menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya bisa memperpanjang hidup 1,5 menit. Selain itu juga dapat mengecilkan perut buncit kamu, hehe.

Baca juga tentang Fakta dan Manfaat Jalan Kaki yang Harus Kamu Ketahui


Untuk kamu yang merupakan karyawan dengan jadwal sibuk, tips olahraga teratur yang bisa kamu terapkan dalam aktivitas kantormu adalah...
  • Menaiki sepeda menuju kantor.
  • Menggunakan tangga manual.
  • Mengimbanginya dengan makanan sehat.
  • Selamat menerapkan kawan.

3. Senantiasa Menjaga Emosi


Tidak hanya minum air putih dan olahraga secara teratur, tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa kamu terapkan adalah dengan menjaga emosi kamu.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengontrol Emosi

Loh, apa hubungannya?

Karena kesehatan tubuh kamu terelasi dengan keadaan emosi yang dialami oleh dirimu sendiri. Perasaan seseorang yang menunjukan emosi, seperti senang, sedih, marah, cemas, dan sebagainya, ternyata direspon oleh organ tubuh lainnya.

Penjelasan paling memungkinkan tentang dampak dan pengaruh emosi terhadap kondisi kesehatan tubuh seseorang adalah tingkat stress yang dialami seseorang. Hal ini dapat memicu terbentuknya radikal bebas dan radikal bebas itu akan berada dalam tubuh kamu.

Kenapa dengan radikal bebas?

Jika radikal bebas itu dibiarkan dalam waktu jangka panjang maka kemungkinan akan menyebabkan sumber penyakit. Karena secara umum radikal bebas menyebabkan proses oksidasi pada tubuh manusia sehingga mengakibatkan proses rusaknya sel pada tubuh manusia.

Akibat yang ditimbulkan oleh radikal bebas ini bisa berupa penuaan dini dan timbulnya penyakit degeneratif.



4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Dan Mengatur Pola Makan


Tips menjaga kesehatan tubuh yang keempat dalam menjaga kesehatan tubuh agar selalu fit adalah dengan mengonsumsi makanan sehat nan bergizi. Makanan yang sehat tentunya bisa membantu dalam menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengatur Pola Makan

Makanan seperti apa?

Makanan sehat ini pun beragam jenisnya. Intinya makanan tersebut harus kaya akan nutrisi, alami dan juga steril dari kuman. Kamu harus pandai dalam memilih makanan yang akan kamu konsumsi sendiri.

Sedangkan syarat tambahan untuk makanan adalah mengandung senyawa zat antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan ini diusahakan harus masuk kedalam list makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini tentunya untuk menjaga tubuh kita agar senantiasa segar dan bugar, serta terhindar dari ancaman penyakit degeneratif.

Dan jangan lupa mengatur polan maka ya, dan juga ingat umur ya hehe.

5. Pastikan Istirahat Kamu Teratur


Dan tips menjaga kesehatan tubuh yang terakhir adalah dengan istirahat secara teratur. Sebagian orang mungkin tidak memperhatikan istirahat mereka, mereka lalai dengan jadwal yang padat atau tugas yang berlebih, hingga waktu istirahat pun digunakan untuk bekerja.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Istirahat yang Cukup

Istirahat teratur bukan hanya tentang frekuensi atau jumlah seberapa lama kita beristirahat. Namun, lebih terhadap bagaimana kualitas tidur kita dan yang kita jalani.

Istirahat total atau tidur berkualitas ini memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan tubuh seseorang. Istirahat berkualitas atau tidur cukup dan teratur sehari semalam memiliki peranan terpenting terhadap kestabilan produksi berbagai hormon dalam tubuh kita.

Bahkan, kurang tidur juga disebut sebagai salah satu faktor penyebab penyakit diabetes mellitus tipe 2. Waduhhh..

Ada tips menjaga kesehatan tubuh yang lain? Silahkan tambahkan pada kolom komentar :)

Kesimpulan


Tips menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting. Kamu bisa menerapkan berbagai cara agar tubuhmu selalu fit dan bugar.

Memang penyakit tidak bisa ditebak kapan ia akan datang dan darimana ia berasal. Namun tidak ada salahnya ketika kita berusaha untuk menjaga tubuh kita dari berbagai kuman dan penyakit. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Dan..

Teruslah memperbaiki pola makan dan gaya hidup sehat kita agar terhindar dari berbagai penyakit, apalagi saat ini kondisi cuaca yang selalu berubah-ubah secara ekstrim dan radikal bebas dimana-mana.

Demikian pembahasan mengenai 5 tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Kamu bisa menerapkannya agar kesehatan tubuh kamu bisa tetap fit dan tidak mudah sakit.

Solutions for enjoying life, Skuy Life

Semoga bermanfaat, dan..

Salam Netpelajar!

Calon Blogger dan Internet Marketer Profesional

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk kami
© NETPELAJAR. All rights reserved. Developed by Jago Desain